Salah satu gaun koleksi Puthic karya Nissa Khoirina. (Instagram/@puthic.id)
Salah satu gaun koleksi Puthic karya Nissa Khoirina. (Instagram/@puthic.id)
KOMENTAR

NISSA Khoirina adalah seorang fashion designer dan entrepreneur sekaligus content creator YouTube dengan ratusan ribu subscribers. Dalam kontennya, Nissa kerap membagikan pengalaman merintis bisnis fesyen, terutama di bidang fesyen. Omsetnya disebut-sebut telah mencapai miliaran rupiah.

Saat ini Nissa tercatat memiliki dua jenama fesyen yaitu by Nissa Khoirina dan Puthic. Jika by Nissa Khoirina menyasar perempuan muda aktif dengan koleksi vest yang menjadi salah satu best seller-nya, maka Puthic kini lebih mengambil segmen gaun muslimah dengan desain Istimewa yang lebih glamor untuk special occasion.

Nissa merupakan alumnus S1 Jurusan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Ia terbilang sukses merintis bisnis di usia muda. Tak heran bila ia mendapat anugerah Wanita Inspirasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman DIY pada tahun 2018.

Yang menarik, Nissa sejak awal merintis bisnis di tahun 2018 memang sudah menggunakan platform digital untuk pemasaran dan penjualan. Karena itulah ketika banyak pelaku usaha industri fesyen baru memulai transformasi digital di tengah pandemi COVID-19, Nissa sudah punya basis konsumen yang kuat.

Lalu bagaimana asal mula perempuan kelahiran Jepara tahun 1995 ini terjun menjadi desainer sekaligus pebisnis fesyen?

Kesuksesan yang direngkuh Nissa saat ini tak lain adalah buah perjuangannya. I mengaku tidak terlahir dari keluarga kaya, namun orang tuanya amat mementingkan pendidikan. Terlebih lagi Nissa aktif berorganisasi sejak SMA, yang membuka wawasan berpikirnya menjadi lebih kreatif.

Untuk karier, Nissa memilih menekuni bidang yang sesuai dengan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Dalam sebuah wawancara, Nissa menyebutkan bahwa ia mengikuti kata hati dan bakat yang dimiliki sebagai seorang fashion designer. Keputusan itu mendapat dukungan penuh dari keluarganya.

Berawal dari Nissa yang menawarkan jasa menjahit dan aktif membagikan hasil tugas kuliahnya yang dibawakan dalam fashion show ke media sosial, perlahan tapi pasti namanya menjadi terkenal. Kala itu, Puthic masih fokus membuat busana bernuansa etnik dengan tenun dan batik yang menjadi sangat populer terutama di Yogyakarta.

Dalam perjalanan membesarkan bisnis fesyen, Nissa menghadapi sejumlah tantangan mulai dari menemukan tim kerja yang memahami visi dan misinya hingga menciptakan sistem kerja perusahaan yang efektif dan efisien. Namun ia pantang menyerah karena yakin kesuksesan tidak bisa diperoleh dengan jalan instan.

Dengan terus menghadirkan kreasi inovatif, busana karya Nissa semakin dikenal dan digemari semakin banyak perempuan di Tanah Air. Nissa pun senantiasa meng-update karyanya agar selaras dengan tren busana kekinian yang digemari customer. Salah satu cara yang ia lakukan untuk mengetahui selera para pelanggan adalah dengan mengikuti berbagai fashion expo.

Sukses sebagai fashionpreneur dan content creator, Nissa Khoirina membuktikan bahwa ketekunan menjalani setiap proses menjadi kunci keberhasilannya.




The Originote Luncurkan Produk Sunscreen Terbaru, Ini Review untuk Kamu

Sebelumnya

AYOM Luncurkan Sunscreen Inovatif untuk Perlindungan Kulit Maksimal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA